Minggu, 19 Agustus 2012

Jenis-Jenis Cat untuk Interior dan Eksterior

 Berdasar bahan penyusunnya, cat dinding untuk interior dan eksterior sebetulnya hampir sama. Bedanya, cat eksterior memiliki bahan khusus yang membuatnya tahan terhadap perubahan cuaca.

Cat adalah campuran zat pada yang dikemas dalam bentuk cair. Fungsinya untuk melindungi dan memperindah permukaan bahan.
Pada rumah, jika dilihat dari lokasi pengecatannya, cat dinding dibagi dalam dua kelas utama, yakni cat interior dan cat eksterior. Sesuai dengan namanya, cat interior diperuntukkan bagi dinding di bagian dalam rumah. Sementara eksterior, untuk bagian luar rumah.
Berbicara mengenai jenis cat, ada banyak jenis yang sudah diproduksi secara masal. Jenis ini bisa dibagi antara lain berdasar bahan pengencernya dan efek yang diciptakannya.
Berdasar bahan pegencernya, cat terbagi dalam dua kategori utama, yakni cat berbahan dasar air, dan cat berbahan dasar minyak.
Pada umumnya, cat tembok menggunakan bahan dasar air. Hal ini demi beberapa keuntungan, antara lain: murah, tidak terbakar, dan memiliki daya lengket yang kuat pada bidang dinding yang dicat.
Sementara itu, cat yang bebahan dasar minyak biasanya digunakan pada cat kayu dan besi. Menggunakan cat minyak, permukaan kayu dan besi dapat menjadi mengkilap, mudah dicuci, dan dapat terlindungi dari efek negatif perubahan cuaca, seperti keropos atau karat.
Cat juga memiliki efek
Pembagian cat juga diklasifikasikan berdasar efek yang diciptakannya. Umumnya cat menghasilkan permukaan yang rata (flat ). Cat yang memiliki efek rata ini dikenal sebagai cat jenis flat finish . Cat kelompok ini memiliki permukaan halus, datar, dan tidak memantulkan cahaya. Permukaan cat memiliki cukup banyak pori-pori sehingga dapat “menyimpan” kotoran. Akibatnya, jika terkena noda, permukaan cat menjadi sulit dibersihkan.
Selain flat finish , ada juga cat tipe eggshell , yaitu cat yang sedikit mengkilap dan memiliki permukaan yang lebih mudah dibersihkan dibandingkan flat finish .
Cat yang lebih mudah dibersihkan dikelompokkan dalam tipe semi gloss dan high gloss . Cat ini relatif mengkilap, dan lebih cocok diaplikasikan pada pintuk, dan list profil dinding.
Untuk memberikan efek dekoratif pada permukaan bahan, tersedia juga cat dekoratif. Cat ini dapat memberikan efek permukaan yang bergelombang, kasar, bertekstur, retak-retak, atau bermotif khusus. Jenis ini memiliki bahan dasar yang sedikit berbeda dibandingkan cat flat finish . Efek dekoratif biasanya dihasilkan dari bahan khusus yang dicampurkan ke dalam cat sebelum pengecatan dimulai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar